As-Sunnah

22 01 2009

AS-SUNNAH

++Pengertian As-Sunnah ++

Menurut bahasa as-sunnah berarti jalan yang terpuji, dan cara yang dibiasakan. Sedangkan menurut istilah sunnah adalah seluruh amaliyah yang dinukilkan secara mutawatir dari Nabi Muhammad saw. Melaksanakan suatu amalan lalu diikuti oleh para sahabat kemudian diteruskan oleh para tabi’in, tabi’it dan sampai kepada kita. As sunnah identik dengan hadist, hadist menurut istilah adalah segala perkataan, perbuatan dan taqrir nabi Muhammad saw. Yang menjadi sandaran hukum meski hanya terjadi sekali saja dalam sepanjang hidup nabi Muhammad saw.

++ Fungsi dan kedudukan As-Sunnah ++

  • Al-Qur’an sudah dipastikan dari Allah swt. Yang menjelaskan masalah –masalah secara umum, maka masalah yang umum tersebut dijelaskan secara rinci dengan sunnah rosul.

Contoh : Allah hanya memerintahkan mendirikan shalat, tentang bagaimana caranya shalat telah dijelaskan secara rinci dengan sunnah.

  • Al-Qur’an di dalamnya mengandung kebenaran, maka as-sunnah berfungsi untuk menguatkan kebenaran yang di bawa Al-Qur’an tersebut

  • As-sunah juga melengkapi apa yang ada dalam Al-Qur’an

++ Pembagian as-sunnah ++

  • Sunnah qauliyah (perkataan)

  • Sunnah Fi’liyah (Perbuatan)

  • Sunnah Taririyah (Ketetepan)

++ Pentingnya Mengamalkan dan Mendakwahkan As-Sunnah

Sesungguhnya Allah swt. telah meletakan kemuliaan, kejayaan dan kesuksesan menusia hanya kepada agama yang sempurna. Sejauhmana seseorang mengamalkan perintah Allah swt. Dan menjauhi segala larangannya, serta mengikuti sunnah Rasulullah saw.maka sejauh itu pula ia akan memperoleh kemuliaan.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar